About Us

Curabitur scelerisque accumsan mauris, in lacinia massa consectetur sit amet. Maecenas in tincidunt metus. Quisque vitae lectus in risus faucibus vulputate. Quisque rutrum interdum tellus volutpat interdum. Proin iaculis dui vel lorem vulputate venenatis. Quisque at mi quis leo semper ullamcorper. Fusce et pellentesque nisi.

Profil

  • Sejarah

    UPT Perpustakaan Universitas Bung Hatta beroperasi sejalan dengan berdirinya Universitas Bung Hatta pada tanggal 20 April 1981 oleh Yayasan Pendidikan Wawasan Nusantara (sekarang: Yayasan Pendidikan Bung Hatta) dengan mendapat restu dan izin dari Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia melalui Koordinator Kopertis Wilayah I. Sebelum menempati gedung I (baca: i) yang sekarang,  Perpustakaan menempati ruang lain dalam beberapa periode.

    Dari awal perpustakaan beroperasi hingga tahun 1993 telah beberapa kali pindah ruangan pelayanan, mulai dari gedung Letter U hingga gedung E (Rektorat sekarang), UPT. Perpustakaan telah dipimpin oleh beberapa orang kepala, antara lain: Suafni Chalid, SIP. (1981-1983), Sabaruddin Badaruddin, SH. (1983-1988), Drs. Nawir Muhar dan Drs. Zulfadli (1988-1993), sampai akhir tahun 1993 perpustakaan telah memiliki koleksi berjumlah 7.478 judul; 29.270 eksemplar.

    Semenjak tahun 1993 Perpustakaan telah menempati gedung permanent gedung I (perpustakaan sekarang), pada tahun 1995 perpustakaan mulai merencanakan untuk memanfaatkan teknologi informasi untuk kepentingan pemakai, setahun kemudian dipasang jaringan LAN (Local Area Network ) untuk memudahkan pemakai mengakses informasi dalam bentuk data bibliografi, terutama buku teks yang ada diperpustakaan. sebanyak 11.000 cantuman.

    Pada tahun 1999-2000 Saufni Chalid, SIP kembali dipercaya menjadi kepala UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta untuk yang kedua kalinya, periode ini perpustakaan mulai menjajaki kerjasama dengan LIPI mengenai  Warung Informasi dan Teknologi (WARINTEK). Jumlah petugas perpustakaan saat itu sebanyak 16 orang, pada periode ini ditandai dengan dibukanya pelayanan Perpustakaan Cabang di Kampus III, Jl. Gajah Mada Gunung Pangilun, Padang, perpustakaan ini melayani sivitas akademika Fakultas Teknologi Industri, koleksi terbatas pada subjek atau bidang elektro, mesin, kimia dan industri, dan perpustakaan kampus III dipimpin oleh seorang Kepala setingkat Kapala Bagian yang membawahi 2 sub bagian.

          Tahun 2000, diangkat Dr. Drs. Welya Roza, M.Pd.sebagai kepala Perpustakaan, periode ini perpustakaan menindaklanjuti kerjasama dengan PDII-LIPI dengan menandatangani kesepakatan mengelola WARINTEK. Perpustakaan juga mulai merencanakan pembangunan jaringan (LAN). Diharapkan jaringan tersebut dapat terlaksana pada awal tahun 2005, karena kesibukan sebagai dosen tetap  di FKIP Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai kepala UPT. Perpustakaan, dan digantikan oleh Erdi Ailisman, S.H. sebagai pejabat sementara Kepala UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta pada tahun 2004.

    Pada bulan Januari 2005 Drs. Firdaus Sy., M.P diangkat sebagai pejabat sementara kepala perpustakaan. Pada periode ini, UPT. Perpustakaan Universitas Bung Hatta berhasil memperoleh dana hibah ISS-TPSDP sebesar ± Rp. 800 juta dari Dikti melalui program Institutional Supperting System - Technological and Professional Skills Development Sector Project (ISS - TSPDP)

     Pada bulan Juni 2007, Drs. Arwendria, S.I.P., M.Si. diangkat sebagai Kepala UPT Perpustakaan menggantikan Drs. Firdaus Sy., M.P. yang dikosentrasikan kembali secara optimal sebagai staf pengajar pada Fakultas Ekonomi Jurusan Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan Universitas Bung Hatta, Tahun 2010 diangkat Rembai, SH sebagai Pelaksana Tugas Kepala UPT Perpustakaan menggantikan Drs. Arwendria, S.I.P., M.Si., karena yang bersangkutan mengundurkan diri sebagai karyawan Universitas Bung Hatta.

    Pada tanggal 26 Agustus 2011 sampai sekarang. Rektor Universitas Bung Hatta mengangkat Ir. Yuspardianto., M.Si sebagai pejabat sementara kepala perpustakaan yang juga dosen tetap Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan pada Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP).

  • Staf Perpustakaan

     

    Kepala UPT. Perpustakaan                    

    Ir. Yuspardianto, M.Si

     

    Kabag Tata Usaha                            

    Yarlis

     

    Kabag Teknologi Informasi                  

    Elizar Sy., S.E.

     

    Kabag Pelayanan                                

    Rembai, SH

     

    Kabag Teknis                                     

    Isnayeti, A.Ma. (Pustakawan)

     

    Kasubag Rumah Tangga     

                    

    Kasubag Akuisisi                                

     

    Kasubag Pengatalogan                     

    Sri Erlita, S.Pd

     

    Kasubag Sirkulasi                           

    Gadis

     

    Kasubag Ruang Baca                       

    Yunita

     

    Kasubag Tata Usaha Unit Pustaka FTI

    Prianeli

     

    Pustakawan                 

    1. Heri Kiswanto, A.Md

    2. Erlya Wahyuni, A.Md  

     

    Staf Perpustakaan       

    1. Dewita Yepi Murni                                 

    2. Desmeri, A.Md

    3. Tumijan

     

  • Visi & Misi

    Visi UPT Perpustakaan Universitas Bung Hatta adalah Perpustakaan sebagai Sahabat Pengetahuan yang Bermutu dan Terkemuka,sedangkan misi utama adalah menunjang Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan penjabaran sebagai berikut:

    1. Memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan masyarakat akademis
    2. Mengupayakan terciptanya pemakai yang mampu mencari informasi secara efektif dan mandiri
    3. Mengembangkan kerjasama aktif dengan mahasiswa, dosen, ilmuwan, pihak instansi terkait, industri, bisnis, dan masyarakat luas.
    4. Menyediakan layanan mandiri.

     

    Dalam rangka meujudkan visi dan misi serta menjalankan fungsinya sebagai unsur penunjang akademis, UPT Perpustakaan mempunyai tujuan sebagai berikut:

    1. Memenuhi kebutuhan informasi sivitas akademika Universitas Bung Hatta
    2. Menyediakan bahan pustaka rujukan (referensi) pada semua tingkat akademis
    3. Menyediakan layanan secara elektronis yang dapat diakses melalui internet
    4. Menyediakan ruangan belajar untuk pemakai perpustakaan
    5. Menyediakan jasa peminjaman yang tepat guna bagi sivitas akademika Universitas Bung Hatta
    6. Menyediakan jasa informasi aktif yang tidak saja terbatas pada lingkungan Universitas Bung Hatta tetapi juga lembaga terkait dan masyarakat yang membutuhkan informasi.