• Keanggotaan

    Keanggotaan Perpustakaan

                Layanan perpustakaan terbuka bagi siapa saja yang membutuhkan jasa yang diberikan oleh UPT Perpustakaan Universitas Bung Hatta. Untuk membedakan antara sivitas akademika Universitas Bung Hatta dengan pemakai di luar Universitas Bung Hatta, maka keanggotaan perpustakaan dibagai menjadi 2 (dua) kategori:

    1. Anggota Tetap

    Anggota Tetap adalah semua sivitas akademika Universitas Bung Hatta yang terdiri dari: mahasiswa, Dosen, Asisten dan Karyawan dilingkunganan Universitas Bung Hatta.

    Adapun yang  menjadi anggota tetap yaitu sudah dinyatakan sebagai sivitas akademika Universitas Bung Hatta. Artinya setiap sivitas akademika tersebut sudah boleh memanfaatkan fasilitas perpustakaan Universitas Bung Hatta, kecuali untuk pelayanan koleksi sirkulasi, karena untuk pelayaan tersebut anggota perpustakaan harus memiliki kartu peminjaman.

    Untuk memperoleh kartu peminjaman tersebut harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

    1. Menyerahkan  1 lembar pas foto ukuran 2 X 1.5 cm
    2. Menyerahkan fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) bagi mahasiswa Universitas Bung Hatta
    3. Menyerahkan fotokopi Kartu Pegawai untuk Dosen dan dan karyawan Universitas Bung Hatta
    4. Mengisi formulir yang sudah disediakan UPT. Perpustakaan Universitas Bung HAtta.
    5. Masa berlaku keanggotaan 5 tahun dan dapat diperpanjang untuk 1 (satu) tahun berikutnya sampai akhir mahasiswa menyelesaikan studinya.

     

          2. Anggota Luar Biasa

    Anggota Luar Biasa adalah setiap orang yang berasal dari luar Universitas Bung Hatta  seperti: (Mahasiswa Studi Literatur, Umum, dan Lembaga Penelitian lainnya baik berasal dari Instansi pemerintahan maupun Lembaga Swasta) yang berkeinginan memanfaatkan jasa perpustakaan dengan mengikuti persyaratan sebagai berikut:

    • Mendaftar pada Bagian Tata Usaha
    • Mengisi formulir pendaftaran
    • Menyerahkan pas foto 2 x 1.5 cm  sebanyak 2 lembar
    • Membayar uang administrasi Kartu Anggota sebesar Rp. 9.000,- melalui petugas Tata Usaha yang telah ditunjuk untuk  itu. Ini merupakan income Generating bagi Universitas Bung Hatta
    • Masa berlaku kartu anggota luar biasa selama 4 (empat) bulan dan dapat diperpanjang kembali untuk 4 (empat) bulan berikutnya.

     

            3.   Kartu Peminjaman

    Setiap anggota biasa Perpustakaan Universitas Bung Hatta  hanya memiliki 1 (satu) buah kartu peminjaman dan dapat meminjam koleksi pada unit sirkulasi maksimal 3 (tiga) eksemplar untuk satu kali masa peminjaman (10 hari) dan dapat diperpanjang satu kali peminjaman lagi.

    Apabila kartu peminjaman yang sedang berlaku hilang maka untuk memperoleh kartu peminjaman pengganti, anggota perpustakaan harus melakukan kliring pustaka atau pernyataan bebas pustaka keseluruh perpustakaan dan ruang baca dilingkungan Universitas Bung Hatta. Untuk mendapatkan pengganti kartu yang hilang dikenakan denda sebesar Rp. 10.000,- per kartu.

     

    Keterangan Bebas Pustaka

    Keterangan bebas pustaka harus dimiliki oleh mahasiswa, Dosen dan karyawan Universitas Bung Hatta, antara lain untuk kebutuhan :

    1. Mahasiswa Universitas Bung Hatta yang akan her registrasi kuliah,
    2. Mahasiswa yang akan mengambil Berhenti Studi Sementara (BSS)/ cuti kuliah
    3. Mahasiwa yang akan wisuda, merupakan salah satu syarat untuk pengambilan transkrip nilai, pengambilan Ijazah di fakultas yang bersangkutan
    4. Bagi Dosen/karyawan Universitas Bung Hatta yang akan naik pangkat, pindah tugas, memasuki masa pensiun dan berhenti dari Dosen/karyawan Universitas Bung Hatta

     

    Cara Mendapatkan Bebas Pustaka  

    Bagi Mahasiswa, Dosen/karyawan yang ingin mendapatkan kartu bebas pustaka, yang bersangkutan terlebih dahulu menemui petugas bagian pengembalian buku, menyerahkan kartu anggota pustaka,  mengisi formulir, setelah dinyatakan bebas oleh petugas maka bukti bebas pustaka akan diserahkan kepada yang bersangkutan.